Fungsi Winrar,Kegunaan Winrar,Kegunaan Corel Draw,Fungsi Adobe Photoshop,Kegunaan Mozilla Firefox,Fungsi acdsee,Kegunaan Windows Explorer,Fungsi Windows Explorer

Fungsi Winrar

WinRAR merupakan salah satu program yang memiliki banyak fungsi yang cukup populer dibidang pengompresan data. Dengan program ini kita bisa mengkompres file-file apa saja. jadi jika di PC kita banyak terdapat file2 yang berserakan maka kita bisa menyatukannya dengan program ini dan file2 yang kita satukan itu juga secara otomatis akan ter kompress file -a ehingga tentunya akan menghemat space hardisk di PC kita.

Fiture lainnya dari winrar ini adalah mendukung semua format kompresi populer ( RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, Z and 7-Zip ) …. Dan jika menurut anda ada folder-folder ataupun file – file penting yang harus dan tidak ingin orang lain membukanya maka dengan program ini kita bisa memberi sebuah password di folder ataupun files itu.

Kegunaan Winrar

Salah satu kegunaan WinRar dan sejenisnya adalah membuat satu paket file menjadi satu file utuh dan sering digunakan dalam hal upload maupun download sehingga kita cukup sekali men download ataupun meng upload banyak file.

Kegunaan Corel Draw

Software ini dibuat untuk membuat desain logo. Terutama yang dua dimensi karena sangat mudah dan bebas dalam membuat gambar. Toolsnya yang sangat bagus untuk editing gambar sehingga gampang membuat grafik lengkung, lurus, sesuai keinginan.

Kelebihan software ini yang lain adalah ketika kita membuat desain dibesarkan (zoom) berapapaun gambar kita gak pecah sehingga kita bisa lebih detaik ketika menggabungkan desain kita. Software berbasic vektor ini sangat familiar bagi pecinta desain grafis karena kemudahan yang ditawarkan.

Untuk duplikasi gambar juga sangat mudah tinggal menekan Ctrl+D gambar akan menduplikasi sendiri, mirror transform juga kelebihan lain font bawaan dari corel draw 10 juga lumayan sangat mencukupi untuk membuat sebuah logo baik organisasi, perusahaan atau lainnya yang diutamana desain menggunakan dua dimensi.

Fungsi Adobe Photoshop

Adobe Photoshop™ merupakan salah satu program pengolah gambar standar profesional. Tutorial dalam artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi penting yang disediakan oleh Adobe Photoshop. Dengan latihan-latihan di bagian akhir, diharapkan pembaca lebih mudah memahami dan mempraktekkan teori yang ada. Semoga bermanfaat. Dalam proses manipulasi gambar, pada dasarnya Photoshopdigunakan untuk melakukan tugastugas.

1. Membuat tulisan dengan efek tertentu
Kelebihan Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik. Berikut adalah contoh tulisan yang dibuat dengan Photoshop:

2. Membuat tekstur dan material yang beragam
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang designer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya.

3. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada
Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain: mengubah posisi gambar, mengatur pencahayaan, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya.

4. Memproses materi web.
Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar
ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery.
Dengan Adobe Image Ready™, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Untuk keperluan tersebut, anda bisa menggunakan Macromedia Fireworks™ di samping Adobe Im

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5

Kegunaan Mozilla Firefox

Kegunaan:

  • Ada fitur Tab yang bisa mengurangi onggokan di Taksbar,
  • mempercepat browsing, dan mengurangi tenaga PC Anda ketika browsing.
  •  Fitur ekstensi Tab Mix Plus membuat Anda dapat membuka satu browser untuk beberapa tab, dan
  •  terbukti lebih cepat prosesnya daripada ketika  memakai Internet Explorer.

kegunaan Add-ons Mozilla Firefox

Addon Mozila firefox adalah software tambahan gratis yang dapat di gunakan dalam mozilla firefox yang tentunya masing masing addons mempunyai kegunaan masing masing yang pasti dapat menambah selain kecepatan atupun asesoris dari mozila firefox.

,

ACDSee adalah perangkat lunak image viewer sharewere untuk windows yang dikembangkan oleh ACD systems Versi terkini adalah 10. Selain fungsi thumbnail dan konversi jenis file, ACDSee juga memiliki fungsi slideshow presentation, CD / DVD burning, HTML gallery creation, image folder syncing dan editing/indexing of image metadata seperti Exif. Selain itu manipulasi gambar sederhana juga dapat dilakukan, misalnya cropping, scaling dan rotating

Kegunaan acdsee

ACD See : program ini digunakan untuk membuka dan melakukan proses editing sederhana pada file gambar yang bertipe jpeg atau gif. Di bawah ini merupakan salah satu cover program ACD see 8 dan salah satu bentuk tampilan dari ACD see.

Kegunaan Windows Explorer

Kegunaan Windows Explorer
1) Mengeksplorasi Isi Komputer anda secara lebih dalam.
2) Mengetahui Jumlah Data yang tersimpan di Drives C, D maupun E.
3) Mengatur Penempatan File-File dan memfolderkannya sehingga lebih sistematis.
4) Membuka Control Panel
5) Mengatur Tampilan Folder mau berupa slide,thumbnail,icon,list atau details
6) Mempermudah replace crack Software2 bajakan
7) Banyak Hal Lainnya silakan eksplorasi sendiri

Fungsi Windows Explorer

Fungsi Windows Explorer

1. Fungsi Explorer

Fungsi Explorer sama seperti fungsi Explorer di Microsoft Windows 9.x dan Windows 2000. Hanya Explorer yang disediakan Microsoft Windows XP jauh lebih sempurna. Explorer yang disediakan Windows XP dapat diartikan sebagai sarana untuk menuju suatu tempat, misalnya folder, direktori, file atau aplikasi dengan cepat, singkat dan tepat. Selain itu Explorer ini dapat digunakan sebagai fasilitas untuk mengatur folder, file dan sebagainya.

Sebagai bahan latihan, Anda bisa mulai aktifkan Explorer yang disediakan Microsoft Windows XP. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start
  2. Klik My Computer
  3. Klik View
  4. Klik Explorer
  5. Klik misalnya Folder. Setelah itu komputer Anda akan menampilkan Explorer bar. Explorer kedudukannya menggantikan Task Pane Windows XP

Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu Panel Folder yang letaknya berada di sebelah kiri dan Panel File yang letaknya berada di sebelah kanan layar komputer. Panel yang berada di sebelah kiri ini tampilannya dapat diubah sesuai keinginan melalui Menu View.

Dalam Panel Folder terdapat nama-nama file berikut drive atau direktori yang ada dalam harddisk suatu komputer. Selain itu Anda juga dapat melihat alamat situs Web yang pernah dikunjungi di Panel Folder ini. Tentu saja jika sebelumnya komputer yang Anda gunakan sudah terkoneksi ke internet.

Di Panel File terdapat folder-folder yang dapat Anda pilih. Untuk melihat isi dari suatu folder Anda dapat mengklik ikon folder tersebut. Sedangkan apabila Anda ingin atau menampilkan folder-folder yang lain klik tombol panah ke kanan di bagian bawah layar.

Kedua jendela ini dibagi oleh balok pembagi layar. Balok, pembagi berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil Panel Folder dan Panel File. Untuk mengubah Panel tersebut tempatkan pointer mouse di balok tersebut sampai pointer mouse berubah menjadi dua tanda panah. Setelah itu tekan dan tahan tombol mouse ke kiri atau ke kanan, sesuai dengan ukuran jendela yang dikehendaki.

Pada saat Anda menggeser pointer akan diikuti dengan munculnya garis vertikal yang dapat Anda gunakan sebagai patokan perubahan ukuran jendela tersebut. Jika ukuran yang diinginkan tercapai lepas penekanan mouse.

Untuk jelasnya ikuti prosedur berikut ini:

  1. Tempatkan pointer mouse di balok pembatas sampai pointer mouse berubah menjadi dua tanda panah.
  2. Tekan, tahan dan geser tombol mouse sesuai dengan ukuran jendela yang dikehendaki.
  3. Pada saat Anda menggerakan atau menggeser pointer mouse tersebut akan diikuti dengan munculnya garis vertikal yang dapat Anda gunakan sebagai patokan perubahan ukuran jendela tersebut.
  4. Jika ukuran yang diinginkan tercapai lepas penekanan mouse.

Pada bagian atas jendela Explorer terdapat balok judul yang berisi Menu Pulldown, ikon Control Menu dan tombol pengatur jendela. Tombol pengatur jendela ini berisi Minimize, Maximize, dan Close. Jika Anda mengklik ikon Control Menu, maka Microsoft Windows XP segera menampilkan menu yang terdiri dari:

  • Restore

Pilihan ini digunakan untuk mengembalikan jendela ke ukuran normal.

  • Move

Pilihan ini digunakan untuk memindahkan jendela dari satu lokasi ke lokasi lain.

  • Size

Pilihan ini digunakan untuk mengubah ukuran jendela dari besar menjadi kecil atau sebaliknya.

  • Minimize

Digunakan meminimalkan ukuran jendela menjadi sebuah ikon yang dapat Anda lihat pada taskbar.

  • Maximize

Digunakan untuk memperlebar ukuran jendela sampai menyerupai atau berbentuk desktop

  • Close Alt+F4

Digunakan untuk menutup jendela

2. Menu Explorer

Di bawah balok judul Explorer terdapat balok menu yang disebut Menu bar. Menu bar ini berisi beberapa pilihan menu yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Menu-menu tersebut adalah:

2.1. File

Dalam keadaan normal (sebelum ada folder atau file yang ditandai dengan menempatkan pointer mouse) berisi pilihan-pilihan

  • New

Dalam pilihan ini terdapat perintah-perintah yang berhubungan dengan perintah pembuatan item baru. Jika Anda memilih New, maka Windows akan menampilkan sub menu lain di bawah pilihan tersebut, diantaranya adalah:

  • Folder

Digunakan untuk membuat folder kosong atau folder baru.

  • Shortcut

Digunakan untuk membuat ikon shorcut

  • Text Document

Digunakan untuk membuat ikon dokumen, dan lain-lain

  • Create Shorcut

Digunakan membuat shorcut baru pada item yang telah dipilih.

  • Deletes

Digunakan untuk menghapus item sesuai dengan pilihan Anda. Atau dengan kata lain pilihan ini digunakan untuk menghapus folder atau item sesuai dengan penempatan pointer  mouse.

  • Renames

Digunakan untuk mengganti nama item sesuai dengan pilihan Anda

  • Properties

Digunakan untuk menampilkan properties dan item yang Anda pilih

  • Close

Digunakan untuk menutup jendela.

Sedangkan jika Anda menempatkan pointer mouse di sebelah kanan dan bukan pada nama file maka di bawah pilihan File terdapat beberapa pilihan menu, antara lain adalah:

  • Open

Digunakan untuk membuka atau memulai item yang dipilih

  • Explorer

Digunakan untuk membuka kotak dialog file All files. Jadi pilihan ini sama dengan pilihan find dari Start Microsoft Windows XP. Begitu juga kegunaannya sama yaitu untuk mencari file yang dikehendaki.

Digunakan untuk mengirim folder yang dipilih ke floppy disk, printer, Recycle bin atau media lainnya yang dikehendaki. Sedangkan selebihnya sama seperti yang dijelaskan di muka. Pilihan ini akan berubah dan bertambah jika Anda menempatkan pointer mouse pada nama file tertentu.

2.2. Edit

Pada pilihan ini berisi perintah pemindahan item yang dipilih. Dalam menu Edit ini terdapat beberapa pilihan:

  • Undo Delete

Digunakan untuk mengaktifkan kembali file yang terakhir kali dihapus.

  • Cut sama dengan Ctrl+X

Digunakan untuk memindahkan item yang dipilih dan menyalin ke Clipboard.

  • Copy sama dengan Ctrl+C

Digunakan untuk menyalin item yang dipilih dan memindahkannya ke clipboard

  • Paste sama dengan Ctrl+V

Digunakan untuk menampilkan item yang telah disalin dan meletakannya pada daerah kerja yang dipilih.

  • Paste Shortcut

Digunakan untuk menampilkan shorcut untuk item yang telah disalin dan memindahkannya ke daerah kerja yang telah dipilih sebelumnya.

  • Select All

Digunakan untuk memilih semua item yang ada di jendela sebelah kanan.

  • Invert selection

Digunakan untuk memilih semua item, kecuali yang aktif pada jendela kanan

2.3. View

Pilihan ini digunakan untuk mengkostumisasikan jendela. Jika Anda belum menambah fasilitas lain, pilihan View mempunyai beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan, antara lain:

  • Tools bar

Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan suatu toolbar

  • Status Bar

Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan baris status

  • Explorer

Pilihan ini digunakan untuk menampilkan jenis tayangan lain seperti Channel Guide, Favorites, dan lain-lain.

  • As Web

Pilihan ini digunakan untuk mengubah bentuk tampilan classic menjadi bergaya situs Web

  • Large Ikon

Digunakan untuk menampilkan folder, program atau dokumen dalam bentuk ikon besar.

  • Small Ikons

Digunakan untuk menampilkan folder, program atau dokumen dalam bentuk ikon kecil.

  • List

Pilihan ini sama dengan small ikon hanya semua item ditampilkan dalam bentuk kolom.

  • Details

Digunakan untuk menampilkan informasi item yang dipilih dalam benuk ukuran, tipe, dan kapan suatu folder dimodifikasi.

  • Arrange Ikons

Digunakan untuk menyortir atau menyusun tampilan ikon file atau folder pada jendela kiri berdasarkan nama, type file, kapasitas dan tanggal.

  • Lines Up Ikons

Digunakan untuk mengatur ikon pada invisible grid. Invisible adalah kolom yang digambarkan dalam bentuk garis yang tak tampak pada layar.

  • Customize this Folder

Digunakan untuk membuka kotak dialog Customize Wizard. Pada kotak dialog ini Anda bisa mengatur folder dan type atau jenis folder dan file sesuai dengan data yang ada di komputer Anda. Setelah jendela Customize this folder tampil untuk selanjutnya Anda tinggal menekan tombol Next untuk melanjutkan pekerjaan tersebut.

  • Go To

Pilihan ini digunakan apabila Anda akan berpindah dari satu tayangan ke tayangan lainnya. Selain itu Anda juga bisa menuju suatu situs Web, Home page, Mail, News dan lain-lain.

  • Refresh

Pilihan ini digunakan untuk merevisi isi jendela dengan tampilan terakhir yang ditayangkan.

  • Favorits

Di bawah pilihan ini banyak pilihan lagi yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya Add to Favorites, Organize Favorits, Manage Subscriptions, Update All Subscriptions, dan lain-lain.

Pilihan ini digunakan apabila Anda akan berpindah dari satu jendela ke jendela lainnya. Atau bisa juga Anda menuju jendela favorit Anda dengan mudah dan cepat

2.4. Tools

Di bawah pilihan ini terdapat beberapa menu, antara lain: Map Network Drive, Disconnect Network Drive, Synchronize dan Folder Options.

2.5. Help

Di bawah pilihan ini ada dua menu, yaitu Help Topics dan About Microsoft Windows XP. Sebagaimana umumnya suatu aplikasi, pilihan ini digunakan jika pada saat bekerja memerlukan bantuan.

Sedangkan About Microsoft Windows XP akan menampilkan konfigurasi sistem Microsoft Windows XP, lisensi bagi pemakai Windows dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: